Asam Urat

Solusi Kesehatan Herbal untuk Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit ini biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Asam Urat

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit ini hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Banyak orang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan terkena gout. Hal ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami gout.

Penyebab penyakit asam urat

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menjadi penyebab kondisi ini (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit ini. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga.

Komplikasi penyakit asam urat

Meski penyakit asam urat jarang menimbulkan komplikasi, namun tetap patut kita waspadai. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, di antaranya:

  • Munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang.
  • Kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung dan tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan permanen ini biasanya terjadi pada kasus penyakit ini yang diabaikan selama bertahun-tahun.
  • Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal.


Rekomendasi

Jiang Zhi Tea Tiens

Teh tersebut mengandung 5 jenis bahan utama yaitu Gynostemma Pentaphyllum ( Jiau Gu Lan ), Semen Cassiae, Follium Nolumbinis ( daun teratai ), Dadix  Polygoni Multiflori, dan Green Tea.
Gynostemma Pentaphyllum Atau Mandarinnya Jiau Gu Lan
Kandungan tersebut diambil dari sejenis labu bilobar. Diambil dari pegunungan Shen Nong Jia yang mengandung khasiat menurunkan panas, dan menetralisir racun dalam tubuh.
Semen Cassiae. Kandungan zat dalam tanaman tersebut mampu menghilangkan diare, mengeluarkan gas di perut, mendetoxifikasi racun dalam saluran pencernaan, sertra membersihkan timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu , mengandung kalsium dan vitamin A, zinc, tembaga dan silenium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Folium Nulumbinis atau Daun Teratai. Dapat menghilangkan rasa haus dan kering dalam mulut.
Radiks Poligoni yang berfungsi detoxifikasi, menurunkan lemak darah, serta membatasi penyerapan lemak oleh usus dalam saluran pencernaan, serta mencegah pengumpalan sel darah .
Teh Hijau Atau Green Tea. Mengandung banyak Polifenol, kafein ctecin, yang bisa memperlancar pencernaan, menyaring air seni, menghilangkan panas dalam, serta memecah lemak dalam makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *